Semakin Cantik, Mengurangi Kantong Plastik

Bupati Badung telah mengeluarkan dua Peraturan Bupati (Perbup) untuk mengurangi sampah plastik. Pertama, Perbup Nomor 48/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah. Kedua, Perbup Nomor 47/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Menindaklanjuti peraturan tersebut, sebuah toko bernama warung Desy yang beralamat di Banjar Tegalgundul, Desa Tibubeneng sedang mengupayakan Peraturan Bupati Nomor 47/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dengan cara menyediakan kantong pengganti plastik yang berbahan dasar kain. Biaya satuan tas kantong berbahan dasar kain ini dibandrol dari harga Rp 4.000 hingga Rp 9.000, ukuran kecil, sedang dan besar.

Pemilik toko Ni Nengah Suyani (40) mengatakan mendukung penuh peraturan yang dikeluarkan oleh Bupati Badung tersebut mengingat kondisi lingkungan Bali sekarang ini sudah banyak tercemar sampah plastik.

“Dengan adanya peraturan tersebut, kita sebagai masyarakat sudah sepatutnya menjaga lingkungan sekitar. Selain mengurangi penggunaan plastik, kita juga diingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya, Kamis (28/2/2019).

I Made Kamajaya selaku Perbekel Desa Tibubeneng turut mengapresiasi kesadaran dan wujud nyata peran serta masyarakat dalam memerangi sampah plastik. Ia berharap hal ini bisa diikuti oleh warung-warung yang lain agar wilayah Desa Tibubeneng khususnya bisa terbebas dari sampah plastik.