Kampanyekan Pemilu 2019, KPU Badung Gelar Pelatihan Relawan Basis Netizen

Menjelang Pemilihan Umum tahun 2019, KPU Kabupaten Badung menyelenggarakan Sosialisasi Relawan Demokrasi Basis Netizen yang mengundang perwakilan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Badung bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Badung, Kamis (28/2/2019).

Sosialisasi tersebut meliputi tanggal pelaksanaan pemilu, jumlah dan jenis surat suara serta menginformasikan jumlah calon anggota DPRD Kabupaten Badung pada PEMILU 2019.

Selain itu diberikan pula pelatihan tentang videography dan jurnalistik karena KIM sebagai humas desa diharapkan bisa ikut meliput kegiatan kepemiluan yang berlangsung tanggal 17 april 2019 mendatang.

Jumlah surat suara untuk pemilu serentak tahun 2019 berjumlah 5 lembar dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Disampaikan oleh I Wayan Artanadana selaku komisioner KPU Kabupaten Badung bahwa ada cara mudah untuk menghapal surat suara tersebut.

“Sebut saja AKU MEBIJA agar lebih ingat jenis-jenis surat suara,” kata Artanadana saat mempresentasikan jenis surat suara.

AKU MEBIJA adalah singkatan dari masing-masing warna surat suara yang akan diterima saat pemilu 17 April mendatang. A adalah Abu-abu yang digunakan memilih Presiden dan Wakil Presiden, KU adalah KUning untuk DPR RI, ME adalah MErah untuk suara DPD RI, BI adalah BIru untuk DPRD Provinsi dan JA adalah hiJAu untuk surat suara DPRD Kabupaten/Kota.

Sesuai dengan data yang telah disampaikan oleh Artanadana, di Kabupaten Badung khususnya untuk kursi yang akan diperebutkan adalah sebanyak 40 kursi dari 292 orang calon anggota DPRD Kabupaten Badung.

Peserta KIM dari Desa Tibubeneng, Ni Luh Sri Wulantari Dewi (19) mengatakan senang dapat mengikuti sosialisasi tersebut karena menambah wawasannya terutama di bidang videography dan jurnalistik.

“Saya jadi bisa memahami 5W 1H dalam pembuatan berita. Selain itu juga belajar mengedit video singkat dengan teknik yang benar,” pungkasnya.